Labels

Wednesday, June 10, 2009

Kegiatan di Camp.Vietnam (30 Mei 2009)

I. Sekilas Tentang Sejarah Camp. Vietnam di Pulau Galang

Berkunjung ke Camp. Vietnam di Pulau Galang merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, karena dengan adanya kunjungan ke tempat tersebut selain refreshing, kita juga dapat melihat sejarah masa lampau.

Sejarah tempat pengungsian orang-orang Vietnam atau yang lebih dikenal dengan Camp.Vietnam ini bermulai pada sekitar tahun 1980-an. Ketika itu banyak orang-orang Vietnam yang mengungsi ke berbagai negara tetangganya karena pada tahun 1970-an, terjadi perang saudara di negara Vietnam tersebut. Perang antara kaum komunis dan penentang komunis, sehingga banyak rakyat Vietnam yang mencoba melarikan diri dari negaranya.

Banyak yang terdampar di negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Fhilipina, bahkan Indonesia. Namun mereka ditolak oleh negara-negara tetangga tersebut kecuali Indonesia. Akhirnya Indonesia menjadi negara tempat penampungan sementara rakyat Vietnam. Di Pulau Galang ini, para pengungsi mendapatkan fasilitas yang cukup. Sehingga mereka meraka nyaman dan tentram tinggal di Pulau Galang tersebut. Pada tahun 1996, para pengungsi ini diminta meninggalkan Galang untuk dikembalikan ke Vietnam atau dikirim ke negara-negara tujuan seperti Amerika Serikat, Australia, dan negara-negara lain yang bersedia untuk menampung para pengungsi tersebut.

II. Opini Tentang Camp. Vietnam

Setelah berkunjung ke camp.Vietnam tersebut, saya berpendapat bahwa tempat bersejarah seperti Camp.Vietnam ini sebaiknya perlu dikembangkan dan dirawat agar dapat terus dijadikan sebagai referensi tempat wisata yang mempunyai sejarah yang tinggi. Tempat ini tentunya akan membantu meningkatkan pendatang atau wisatawan yang berkunjung ke daerah Batam, khususnya Pulau Galang.

Otorita Batam juga sudah mengembangkan dan merawat tempat wisata bersejarah ini. Ini dapat terlihat dari adanya antusiasme dari Badan Otorita Batam yang mampu mengembangkan tempat ini.

Pada saat berkunjung ke Camp.Vietnam, kami juga mengunjungi museum atau informasi centre tentang Camp.Vietnam ini. Banyak sekali barang-barang peninggalan dari para pengungsi, seperti patung-patung karya para pengungsi, serta alat-alat memasak, TV, radio, dan lain-lain yang ditempatkan di museum ini.

Jadi, tempat bersejarah seperti Camp.Vietnam ini harus terus dijaga. Banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah sebagai tempat study tour seperti yang kami laksanakan ini. Para siswa atau mahasiswa juga akan bertambah wawasan tentang sejarah yang khususnya ada di daerah Kepulauan Riau jika berkunjung ke Camp.Vietnam ini. Untuk ke depannya, camp bekas pengungsi Vietnam ini dapat menjadi salah satu objek wisata dalam menyambut “Visit Batam 2010”.

0 comments:

Post a Comment