Tuesday, July 24, 2012

Membuat file .PDF agar Tidak Dapat di Copy-Paste Isinya

Assalamualaikum kawan-kawan
Sudah lama gak isi blog saya yg sudah mulai bersarang laba-laba.

Okeh langsung saja, disini saya akan membagi tips agar file .PDF kita tidak dapat di copy-paste isinya.
(jujur saya menulis ini disaat saya harus menyerahkan laporan TA saya dlm bentuk softcopy ke dalam CD Biar gak bisa di copy sembarangan... hehehehee)


Mudah aja caranya:


1. Saya pribadi menggunakan 2 software dalam hal ini, yaitu doPDF dan Foxit Reader
    Bagi kalian yang belum punya 2 software ini, silahkan download dulu:

    - doPDF : download disini
    - Foxit Reader : download disini



2. Untuk mengetahui apakah doPDF sudah terinstall dengan baik, kamu silahkan cek di "device and printer" kamu atau terdata di pilihan printer kita kalau mau nge-print suatu file, pasti ada pilihan doPDF v7


3. Okeh, kemudian saatnya kita mengubah file . PDF kita agar tidak bisa di copy isinya. Kita buka terlebih dahulu file .PDF kita dengan Foxit Reader yg sudah kita install tadi. Setelah dibuka, klik menu "Select Text"


   Kemudian block semua tulisan dgn Ctrl+A. Setelah itu klik kanan dan pilih  "Copy To Clipboard"



4. Setelah itu, klik menu : File -> Print. Kemudian pilih di name printer kamu : doPDF v7


    Kemudian OK. Lalu akan muncul seperti di bawah ini:


     klik "browse" men-setting lokasi penyimpanan anda. Kemudian klik OK.. dan tunggu beberapa saat pada     Foxit sampai me-refresh sendiri pada Foxit tsb..

Nah, udah jadi deh .PDF kamu nya.. 
Intinya text/isi dalam file .PDF kita gak bisa di otak-atik lagi alias udah gak bisa di copas... 
hehehee

So,, dengan kata lain :
Ukuran file PDF terkahir bisa membengkak karena file terbaca sebagai gambar, bukan sebagai teks. 
Trik ini tidak berlaku jika orang yang menjiplak data kamu menggunakan cara tradisional (melakukan ketik ulang menggunakan keyboard) untuk melakukan copy paste. (kesiann yang mau copas hehehee)


Oke deh,, smoga membantu kalian semua wahai kawan-kawan.. 

16 comments:

tigan hi 17 said...

terimakasih ,, (y)

dian said...

sama- sama

emerald green said...

WAH ilmunya sangat membantu saya ,.. hatur nuhun mb dian,... :-)

dian said...

sami-sami mbak :)

M Nikmal Abdullah said...

kalok mau naruh Visitor Number gimana?

dian said...

Maksudnya utk nambah widget visitor blog gitu??

klo iya, klik aja disini:
http://s10.flagcounter.com/index.html

Dank_Henz said...

terimakasih ilmunya,, sangat bermanfaat bagi saya...

dian said...

Sama-sama, :)

Fahmi Faturahman said...

terima kasih atas infonya, mudah-mudahan ilmunya berkah

Anonymous said...

Saya sudah mencoba mbak . . Tpi kok isi filenya tidak terbaca yah mbak? kosong dan tidak ada teksnya

Anonymous said...

Thanks nice info and software

tips blogger said...

Makasih sudah berbagi mba, Senang bisa mampir di blogger batam

Rian Ande said...

siippp.... makasih ilmunya... akhirnya saya terbebas dari para pengopy itu hahaha...

Fahrul Aji said...

Terima kasih ... ini sangat membantu :-)

Lyee said...

thanks. it help me to finished my job :)

Dirga Adi Guna said...

Thanks ya kk Dian (:
Soalnya saya mau jual Novel saya secara online juga (:
Btw, boleh minta follow back and visit backnya di blog saya ?? :
https://fantasyofdirga.blogspot.com

Post a Comment