Labels

Saturday, June 19, 2010

Dinamika Kisah di kegiatan Silatnas BEM Fisip se-Indonesia

Ass. wr wb
hi hi semua...

http://www.emocutez.com

kali ne saya mau cerita ttg pengalaman saya selama 5 hari di tg.Pinang (Kepulauan Riau) sebagai peserta utk mengikuti kegiatan "Silaturahmi Nasional BEM FISIP se-Indonesia"

Acara Silatnas ini diadakan oleh BEM FISIP Univ.Maritim Raja Ali Haji (yg tak lain adalah universitas saya) dari tanggal 11-13 Juni 2010. Kegiatan ini diikuti oleh BEM FISIP dari berbagai universitas di Indonesia yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa fisip (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) se-Indonesia.
Nah, karena acara ini diselenggarakan BEM FISIP UMRAH, maka seluruh fakultas yg ada di UMRAH diundang jg sebagai peserta , dari FT, FIKP, FKIP, FEkon, dan FISIP sendiri.


dari fak.Teknik, perwakilan nya adalah Purnama (ketua Bem), Raja (Kabid.Hub.Luar negri), dan saya sendiri (Kabid. Seni&Olahraga). Baiklah saya akan mulai bercerita:
hehee


Hari pertama,
Kamis, 10 Juni 2010
Sekitar pukul 10 pagi kami ber3 berangkat ke tg,pinang dari Batam. Cuaca saat itu hujan,, serem juga euy hujan2 dilaut..
hihhi
sesampainya di Pinang, kami ber3 langsung menuju Hotel FURIA, yang tak lain adalah tempat diadakan kegiatan Silatnas tersebut. Kemudian disana ketemu sama delegasi dari UNP dan Univ,Muhammadiyah Jember di lobby sambil nunggu check in.


Kegiatan malam harinya hanya sebatas pengenalan peserta dengan panitia...
mantabb...
yang membuat saya kaget adalah ternyata kegiatan silatnas ini bertemakan "Dialektika Mahasiswa dlm Menjaga Keutuhan Warisan Bangsa" . Isu yg diangkat pada kegiatan ini : turut peduli dan menjaga wilayah perbatasan NKRI khususnya sengketa perbatasan atau pulau terluar (pulau terdepan) yg ada di Propinsi Kepri yaotu Pulau Nipah.

jennnkk..jennkk
http://www.emocutez.com
Bayangin ajah betapa kaget nya saya,, kenapa?? karena bisa dilihat dunk, saya ini mahasiswa Teknik Informatika , jadi rada2 jauh ama pembahasan seperti ini.. Saya, raja n purnama mungkin agak shock terapy sedikit.. hihhihii
but,, saya tetep enjoy ajah,, walopun malam itu sampainya dikamar hotel terpaksa lah searching2 ttg apa ajah yg bersangkutan dan nyambung sesuai tema dan isu yg diangkat. biar besok pas seminar dan diskusi gak 'blank' bgd..
(effek ngelihat jadwal acara bwat besok adalah inti dari segala inti acara, besok penuh dengan seminar dan diskusi panel)



Hari kedua,
Jumat, 11 Juni 2010
hari Jumat telah tiba,, pagi2 setelah siap2, peserta menuju restauran hotel utk sarapan. oia, lupa saya sekamar sama mahasiswa FISIP dari Univ.Muhammdiyah Jember.

Sekitar jam 9 pagi, acara pembukaan Silatnas BEM FISIP se-Indonesia pun dimulai.
acara di buka oleh Pembantu Rektor III Universitas Maritim Raja Ali Haji...
Setelah itu dilanjutkan dengan seminar "Daerah Perbatasan dan Pulau-Pulau Terluar serta Pengelolaannya"

inilah sebagian cuplikan (alaaaagghh) saat acara:




Gambar disamping adalah suasana seminar. Beberapa sesi seminar dan diskusi panel yg diisi oleh narasumber dari Danlantamal AL, DPRD tg.Pinang, Pembantu Rektor I dll.. (untuk hasil seminar nya akan saya rangkum dan saya posting kan terpisah)

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan forum diskusi antara peserta dan panitia. Dalam kegiatan ini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok utk membahas dan merumuskan suatu rumusan yg akan direkomendasikan ke MENHANKAM dalam audiensi selesai acara Silatnas ini.
inilah suasana saat acara forum diskusi


Gambar di atas adalah pimpinan forum diskusi (bg Zulfikar dan bg Roni)

Kegiatan pada malam harinya adalah melanjutkan forum diskusi kembali. Sumpaaahhh,, ne neh yg paling menguras otak dan pikiran saya, kenapa????
karena kami seluruh peserta harus merumuskan sebuah perumusan yg akan direkomendasikan dan ini adalah sebagai bentuk hasil dari kegiatan ini (jadi ada hasil nya dari kegiatan silatnas ini, yg bukan hanya kengiatan silaturahmi biasa yg kesannya buang2 duit ajah)














Nah, gambar2 diatas ini suasana malam Suntuk (bagi saya) hehee
ditengah lorong2 kamar hotel kami para peserta, mahasiswa dari seluruh Indonesia berusaha menciptakan suatu perubahan (hahaha..alay.com)



Hari Ketiga,
Sabtu, 12 Juni 2010
Scheadule untuk hari ini adalah pergi ke Pulau Nipah. Kami ke pulau itu dengan menggunaka KAPAL KEPRI 2.. (mantaabb)

untuk pertama kalinya nih saya menginjakkan kaki di Pulau Nipah di pulau bertandaskan pasir , pulau kecil yg sangat berarti bagi bangsa Indonesia.. Kenapa??? (jawaban nya nanti y, di postingan khusus dilain tempat) heheee
Disana kami mendengarkan ttg sejarah dan berbagai penjelasan ttg pulau Nipah dari komandan AL yg bertugas di P.Nipah tsb.
Bisa dilihat dari foto dibawah ini:













Berikut adalah scene kenarsisan para peserta di pulau Nipah













Hehhee,, sumpah narsis2 y..













Hari Keempat,
Minggu, 13 Juni 2010
Hari ini adalah hari terakhir dalam rangkaian kegiatan SILATNAS..
Jadwal hari ini adalah berkunjung ke tempat Wisata Internasional LAGOI.. weeww.. semua peserta pada seneng, (maklum bisa skalian refreshing)

Keindahan kawasan wisata Lagoi di pesisir Bintan Utara sudah terkenal ke seluruh dunia. Hampir 90 % pengunjungnya dari luar negri. Saat ini ada sekitar 9 resort dikawasan wisata Lagoi, termasuk 3 lapangan golf berstandar internasional (tapi sayang, kami gak ke lapangan golf na.. bayarrr neng,,hehe)

disana kami juga diberi penjelasan lengkap ttg Lagoi


Ne dia suasana di BRC (Bintan Resort Cakrawala)
saat mendengar penjelasan dari pihak pengelola Resort.
saat itu cuaca di luar hujan deras.. huhuhu







setelah makan siang (yang saat itu cuaca selesai hujan deras), kami ke pantai nya..
weee,, semua peserta kagum akan keindahan pantai di lagoi, pasirnya putih bersih, airnya biru nan jernih...




(gak heran jadi idaman dan kebanggaan wisata di Kepulauan Riau ini, ntar lagi bisa ngalah2in Bali noh.. hehe)

sayang neyh saya gak ada foto2 di pantai... waktu itu kamera tewas alias gak ada batrei..hehheee


setelah itu, sekitar jam 4 sore peserta kembali ke tg.Pinang dan ke Hotel,,
acara malam perpisahan pun segera tiba..
huhuhu
sedihh....

acara bertempat di aula SMK 1 tg.Pinang.
ini lah sekilas cuplikan acara penutupan skalian malam pentas seni.

















Malam perpisahan yg sangat hangat. ada pulak tuh acara joget bersama..
(mantabbb....)










Setelah itu, besoknya para peserta sudah ad yg pulang kedaerah masing2..
sungguh suatu pengalaman yg tak ternilai, dan membuat saya kembali berfikir akan potensi kepulauan di Indonesia..

Thx utk semua peserta dan panitia,, smoga tali silaturahmi qta tidak akan terputus..
jujur saya bangga punya teman2 seperti kalian semua.
smoga tindak lanjut atas rekomendasi acara Silatnas kemaren dapat berjalan dan wajib qta pantau..
:)

Itulah sebagian untaian kata yg saya tumpahkan di blog saya, ini adalah suatu gambaran dari sudut pandang saya ttg acara Silatnas BEM FISIP se-Indonesia..
walaupun saya bukan mahasiswa FISIP, tetapi saya bangga dan bersyukur mendapatkan pengalaman yg tak ternilai ini..


terima kasih smw peserta dan panitia...
mohon cacian, makian, keripik, dan saran nya y..
hehee

luv u all


4 comments:

abdheellah said...

mantap2

dian said...

Thx abdheellah
:)

N O E said...

hmmmm....kuq fto aq dikit.....
hhheee....
tp gag pa2 lagh.....mantab2....
lainkali banyakin yah fto akyu....hhhiiii....

nice post say... ^^

dian said...

hahhaaa...
gpp lah.. kan neyh about my activity
hihihhi

thx say
:)

Post a Comment