Labels

Tuesday, April 24, 2012

Ekspedisi Ke Pulau Panjang (Barelang-Kepulauan Riau)

Assalamualaikum ya akhi dan ukhti..

Kali ini mau curhat ne tentang perjalanan saya dan teman-teman ke Pulau Panjang. Tepatnya 2 hari yang lalu dari kapan saya posting ini yaitu Minggu, 22 April 2012 (semoga belom basiiii
Untuk ke 2 kalinya saya menginjakkan kaki kembali di Pulau Panjang ini. Kalo saya dan kawan2 nyebutnya LONG ISLAND (baca nya pake logat melayu : Long Aileeen). Kunjungan pertama waktu baksos dalam rangkaian LKM ( jgn bilang kalian gak tau LKM..??!! LKM=Liburan Kalau Malak... gak deeng,, LKM = Latihan Kepemimpinan Mahasiswa ) waktu bln November 2011 lalu..

Nah sekarang dalam rangka refreshing bareng temen2, ( kumpulan mahasiswa GALAU angkatan 2008 yg lagi stress menyusun skripsi ) Soooo...!!!! kita langsung berencana untuk Sehari Ke Long Aileen, kayak Ekspedisi gitu dueehh..

Bagi kamu semua yg belum tau dimana letak Long Island, neh saya kasih tau.. Letaknya pulaunya itu di deket Jembatan 5, Barelang Kepri (awas aja loe semua terutama org Kepri gak tau Barelang!!!)
Kita nyebrangnya dari pelantar yg di bawah jembatan 5 ( masuk nya kalian tau sendiri kan lewat mana? kalo gak tau, tanya org sekitar aja deh.. hahaha ). Berikut letaknya Long Island,,
(walopun jujur saya kurang tau tepatnya, yg jelas di sekitar pulau2 kecil yg ada di gambar bawah deh.. YANG Di lingkar Merah ya)

Sumber: Om Google
Sedikit keterangan ttg Long Aileeen alias Pulau Panjang adalah salah satu pulau yg ada di daerah pulau Galang-Kepulauan Riau.

Penduduknya belum begitu banyak.. Rata-rata penduduk disini adalah nelayan. Dan untuk keperluan sehari-hari harus dipenuhi dengan menyebrang: P. Panjang - P. Galang.

Kebanyakan juga penduduknya beraktifitas di luar P. Panjang. Soo, tiap hari harus bolak-balik naik pompong.

Kami (skitar 13 org)  berangkat kira2 jam 9 dari Batam, trus perjalanan kurang lebih 45 menit kami nyampai di pelabuhan jembatan 5. Berikut foto-foto sebelum berangkat ke long aileen. :)

berpose di jembatan 1 Barelang

Sebelum Berangkat ke Pulau Panjang (@ pelabuhan Jembatan 5)

Perjalanan naik pompong sekitar 30 menit udah nyampai di P. Panjang,, terlihat
 beberapa rumah  penduduk setempat

wooo, udah nyampe. Ini pelantar nya yg ada  di P. Panjang

Setelah sampai, kami beristirahat sebentar di rmh kawan kami (sebut saja namanya Sutris) . Mamanya udah menyiapkan makan siang. eittsss.. tapi kami bukan makan siang di rmh kawan tersebut.. Kami sepakat untuk makan di Pantai yang ada di balik Pulau Panjang. Catet..penting!!: "Masih belum terjamah loh tempatnya" . Kata kawan2 cowok yang udah pernah ke pantai itu seh kata mereka pantai nya emang Pantai "Terpaporit" (org melayu bacanya: Tepriiittt). hehehe

Nah, saatnya EKSPEDISI LONG ISLAND..!!! sungguh berat perjalanan kami ber-13 org menuju TKP aliaas Pantai yg BELUM TERJAMAH ITU.. hehehe (Alayyy)..

This is it..!!!!

Ini rmh penduduk sekitar

Mulai melakukan perjalanan menuju belakang Pulau

Melewati semak-semak dan hutan (maklum masih belum semua
bagian Pulau dihuni)

Melewati bebatuan dan pantai bakau

Para lelaki istirahat sejenak (masih stengah perjalanan loh)

Berpose dulu di pantai Bakau (uda mau deket neh)

Sumpah berasa haiking kami,, harus hati-hati. Bener2 lokasi yg susah
dijangkau.  Banyak akar2 bakau dan batu-batu

tuh kan medannya berat.. (alay) perjuangan deh
buat para cewek2

Fine..!! akhirnya kami memutuskan untuk makan siang di sini.. Ternyata inilah tempat yg belum terjamah itu.. Pemandangannya ajibb (walopun medan menuju TKP nya lumayan biking ngos-ngosan) but, seru loh bagi pecinta haiking

Pada kecapeean stelah nyampe

Ini yg paling ditunggu2.. Saatnya MAKAN..!! ini lauknya
IKAN MASAK CABE KHAS MELAYU + SAYUR LODEH
(ikannya enak bgd, maklum ikan masih seger baru di tangkep)

"SEDERHANA ITU SIMPEL"
(copas dari kata2 temen saya di twitter) hehehee

Pada nyantai abis makan (Melupakan sejenak BEBAN SKRIPSI)

Woke saatnya menikmati Indahnya PeSONA PULAU PANJANG

Pantai nya itu berbasis KEBATU-BATUAN hahahhaa
(bahasa gueee) coz banyak bgd batu2 gede

Yang cwok2 pada berenang,

bebatuan menghampar

sedikit pandangan berpose

Add caption

mengharap ridho Gusti Allah
okayyy.... waktu udah menujukkan pukul 3 sore.. saat nya kami kembali ke depan pulau.. Setelah puas take a picture kami kembali melewati jalan hutan2 dan semak2 seperti jalan awal tadi.

Sekitar pukul 4 sore kami naek pompong (sumpaahh pompong nya lebih kecil dari pompong berangkat tadi, jadi kami terpaksa pisah dengan naik 2 pompong)

Nih dia pompong nya, Narsis dulu menuju Pulau Galang
Okeh guys, akhirnya skitar jam 5an kami sampai di P. Galang
tepatnya di pelantar bawah jembatan 5 (Jembatan Tuanku Tambusai)
 Barelang
Nah,, cukup sekian ya kawan2 curcol saya kali ini..
sungguh pengalaman yg "PUNYA TASTE" dengan sahabat-sahabat teknik yang lagi haus akan refreshing (maklum mahasiswa tingkat akhir)

Semoga Long Island ato PULAU PANJANG dapat mengembangkan Potensinya..
(saran buat pemerintah prov. KEPRI)